Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK)

Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK)Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk anda Rangkuman mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Rangkuman kali ini berisi materi pelajaran PPKn Kelas 11 Bab 4 tentang Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia.
Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia, Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia SMA/MA/SMK/MAK

Pembaca Sekolahmuonline, untuk merefresh materi yang sudah diberikan, kita perlu membaca lagi materi yang sudah disampaikan atau diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Tapi karena banyaknya materi yang diberikan, sering membuat kita malas untuk membaca.

Untuk mensiasati agar kita tidak malas membaca, diantaranya dengan membaca rangkuman materi pelajaran. Dengan membaca rangkuman materi pelajaran yang biasanya tidak terlalu panjang akan dapat membantu mengingat kembali bahkan ingatan kita terhadapat materi pelajaran yang telah lewat. Bahkan dengan membaca rangkuman dapat menguatkan ingatan kita akan materi yang telah berlalu.

Nah, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan [PPKn] Kelas 11 Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia.  Rangkuman materi diambil dari buku PPKn. Sumber bisa dipercaya. Silahkan dibaca, dipelajari, semoga membantu dan memudahkan Anda dalam belajar PPKn di kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK. Jika kelak sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi ke kelas 12 rangkuman ini juga akan mempermudah untuk dibaca, sehingga pelajaran yang terlewatkan akan mudah diingat kembali.

Materi PPKn Kelas XI Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia meliputi beberapa pembahasan, yaitu tentang:
A. Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui  Hubungan Internasional
B. Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Organisasi Internasional
Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

a. Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dilakukan melalui hubungan internasional dan keterlibatannya dalam berbagai organisasi internasional.

b. Secara umum hubungan internasiRnal diidentifkasi sebagai hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan.

c. Perlunya kerja sama dalam bentuk hubungan internasional antara lain karena faktor-faktor berikut. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup negara, baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain. Faktor eksternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.

d. Secara umum, organisasi internasional dapat diartikan sebagai organisasi bukan negara yang berkedudukan sebagai subjek hukum internasional dan mempunyai kapasitas untuk membuat perjanjian internasional.

e. Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi internasional. Hal tersebut sebagai perwujudan dari komitmen bangsa Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia.

*******

Latihan Soal Bab 4

1. Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara!

2. Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia?

3. Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia?

4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional!

5. Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain!


Rangkuman PPKn:
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK). Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosila media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar.

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas XI. Bab 4. Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK)"

close