Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Biji (Biologi Kelas 12 Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan: Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan)

Struktur Biji (Biologi Kelas 12 Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan: Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan)
Struktur Biji, pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan


Struktur Biji

Biji adalah alat reproduksi, penyebaran, dan kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Selain itu, bagi tumbuhan berbiji, biji merupakan awal dari kehidupan tumbuhan baru di luar induknya.

Jika biji tanaman dikotil seperti kacang-kacangan, kamu belah menjadi dua, kamu akan mendapatkan struktur biji yang terdiri atas plumula, hipokotil, radikula, kotiledon dan embrio. Sedangkan, struktur biji tanaman monokotil, misalnya jagung terdiri atas koleoptil, plumula, radikula, koleoriza, skutelum dan endosperma.

Bagian-bagian biji tersebut mempunyai fungsi masing-masing untuk pertumbuhan tanaman. Pada biji tanaman dikotil maupun monokotil, plumula merupakan poros embrio yang tumbuh ke atas yang selanjutnya akan tumbuh menjadi daun pertama, sedangkan radikula adalah poros embrio yang tumbuh ke bawah dan akan menjadi akar primer. 

Pada tanaman monokotil, misalnya jagung, kotiledon mengalami modifikasi menjadi skutelum dan koleoptil. Skutelum berfungsi sebagai alat penyerap makanan yang terdapat di dalam endosperma, sedangkan koleoptil berfungsi melindungi plumula. Selain itu, pada jagung juga terdapat koleoriza yang berfungsi melindungi radikula.

Posting Komentar untuk "Struktur Biji (Biologi Kelas 12 Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan: Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan)"

close