Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VI Berpendapat Melalui Debat (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X)

Sekolahmuonline - Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VI Berpendapat Melalui Debat (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal Bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK beserta jawabannya. Kali ini secara singkat kita bahas soal-soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VI Berpendapat Melalui Debat. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat dan memudahkan dalam belajar. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Selamat belajar.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan pengertian debat!

Jawaban:
Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Apabila perlu, ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Hasil debat biasanya menghasilkan sudut pandang baru yang bisa diterima kedua belah pihak.

2. Sebutkan unsur-unsur debat!

Jawaban:
Unsur-unsur debat adalah:
a. mosi,
b. tim afirmasi,
c. tim oposisi,
d. tim netral,penonton/ juri yang dipanggil,
e. moderator,
f. penulis.

4. Jelaskan pengertian mosi!

Jawaban:
Mosi adalah permasalahan yang diperdebatkan. Kamu bisa mengetahuinya dari judul dan pendapat yang disampaikan pihak-pihak yang berdebat.

4. Sebutkan ciri-ciri ragam bahasa yang digunakan dalam debat!

Jawaban:
Ragam bahasa yang digunakan dalam debat adalah ragam ilmiah yang harus memenuhi ciri berikut:
a. Sesuai dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah tata ejaan maupun tata bahasa (pembentukkan kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf).
b. Ide yang diungkapkan harus benar sesuai dengan fakta dan dapat diterima akal sehat (logis), harus tepat, dan hanya memiliki satu makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun dan sistematis dan tersaji sebagai kalimat efektif.
c. Kata yang dipilih memiliki makna sebenarnya (denotatif).

Baca juga:
Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas X Lengkap Beserta Pembahasannya (Tinggal Klik Judul di bawah ini):



Jika bermanfaat, beritahukan/share ke yang lainnya. Jika ada link yang error, beritahu kami. Bisa lewat kolom komentar. Selamat membaca dan selamat mempelajari.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VI Berpendapat Melalui Debat (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X)"

close