Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VII Belajar Dari Biografi (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X)

Sekolahmuonline - Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VII Belajar Dari Biografi (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda contoh soal Bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK beserta jawabannya. Kali ini secara singkat kita bahas soal-soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VII Belajar Dari Biografi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat dan memudahkan dalam belajar. Jangan lupa untuk berbagi kepada yang lainnya. Selamat belajar.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat! 

1. Jelaskan perbedaan antara autobiografi dan biografi!

Jawaban:
Autobiografi adalah riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokohnya, sedangkan biografi adalah riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain.

2. Berdasarkan fungsi ataupun tujuannya, cerita ulang dikategorikan sebagai teks narasi. Jelaskan maksud dari teks narasi tersebut!

Jawaban:
Berdasarkan fungsi ataupun tujuannya, cerita ulang dikategorikan sebagai teks narasi, yakni teks yang bertujuan untuk mengisahkan suatu peristiwa dengan senyata-nyatanya sehingga pembaca ataupun pendengarnya seolah-olah menyaksikan langsung peristiwa itu.

3. Sebutkan struktur teks biografi dan jelaskan masing-masing struktur tersebut!

Jawaban:
Struktur teks biografi adalah sebagai berikut ini:
a. Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan mengapa.
b. Kejadian penting (important event, record of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh.
c. Reorientasi, yang berisi komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.

4. Jelaskan cara menemukan karakter unggul tokoh dalam membuat biografi!

Jawaban:
Untuk menemukan karakter unggul tokoh dapat dilakukan dengan mengidentifikasi peristiwa/ permasalahan apa yang dialami seseorang serta bagaimana caranya menghadapi semua itu.

5. Jelasakan bagaimana cara penggambaran karakter unggul tokoh dalam membuat biografi!

Jawaban:
Cara penggambaran karakter unggul tokoh ada dua, yaitu sebagai berikut ini:
a. Secara langsung, penulis atau pencerita langsung menyebutkan karakter tokohnya. 
b. Secara tidak langsung melalui dialog tokoh dan dialog tokoh lain, dan apa yang dilakukan tokoh lain

Baca juga:
Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia kelas X Lengkap Beserta Pembahasannya (Tinggal Klik Judul di bawah ini):



Jika bermanfaat, beritahukan/share ke yang lainnya. Jika ada link yang error, beritahu kami. Bisa lewat kolom komentar. Selamat membaca dan selamat mempelajari.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X Bab VII Belajar Dari Biografi (SMA/MA/SMK/MAK Kelas X)"

close