Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan hikmah dari pelaksanaan kurban! (PAIBP Kelas 9 SMP dan MTs)

Pembaca Sekolahmuonline, ada ungkapan "Likulli syai:in hikmah", yang artinya: "Setiap sesuatu ada hikmahnya". Demikian pula dengan pelaksanaan kurban. Ada hikmah luar biasa yang seyogyanya kita ketahui.
hikmah dari pelaksanaan kurban


Postingan Sekolahmuonline berikut ini masih membahas contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 9 SMP dan MTs. Masih pembahasan Bab Akikah dan Kurban. Kali ini membahas tentang Hikmah Pelaksanaan Kurban.

Sebutkan hikmah dari pelaksanaan kurban!


Jawaban/Pembahasan:

Hikmah Pelaksanaan Kurban

Pada pembahasan sebelumnya telah kita bahas tentang pengertian kurban, hukum kurban, waktu untuk kurban, dan hewan yang boleh digunakan untuk kurban.

Selain pembahasan tersebut, mungkin sekali timbul pertanyaan "Apa sih hikmah dari kurban?". Atau "Apa ya hikmah orang Islam yang mampu dipertahankan untuk berkurban?". Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang ingin menyingkap hikmah dibalik syariat kurban.

Apa kurban ada hikmahnya? Apa hikmah dari pelaksanaan kurban?


Kurban tentunya ada hikmah. Bahkan Hikmah yang sangat luar biasa. Hikmah pelaksanaan kurban antara lain adalah sebagai berikut. 
a) Menghidupkan sunnah para nabi terdahulu, khususnya sunnah Nabi Ibrahim As.
b ) Untuk mendekatkan diri atau taqarrub kepada Allah Swt.
c) Menghidupkan makna takbir di Hari Raya Idul Adha, dari tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah.
d) Kurban mengajarkan kepada kita untuk bersikap dermawan, tidak rakus dan tidak kikir.
e) Kurban mendidik kita untuk peduli kepada sesama.
f) Mendidik kita untuk membunuh sifat kebinatangan. Di antara sifat-sifat kebinatangan yang harus kita musnahkan adalah tamak, rakus, sikap ingin menang sendiri, sewenang-wenang kepada orang lain.

Nah itulah hikmah dari pelaksanaan kurban. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup tekan tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Selamat berbagi dan selamat belajar.

Posting Komentar untuk "Sebutkan hikmah dari pelaksanaan kurban! (PAIBP Kelas 9 SMP dan MTs)"

close